Selasa, 19 Maret 2013

Hikmah Bertindak Lurus dan Menjaga Etika serta Integritas

Oleh Liberta Bintoro Ranggi Wirasakti

Surat Pembuka Al Qur'an yaitu Al Fatihah meneguhkan satu permintaan yang Allah camkan kepada manusia agar manusia selalu ucapkan sebagai permohonan kepada-Nya. Itu tak lain adalah "Tunjukilah Kami Jalan yang Lurus" Qs. 1:6

Allah juga berfirman dalam surat Al An'am ayat 153 yang mengajak agar manusia mengikuti jalan-Nya
"..adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan jalan yang lain, karena jalan jalan itu mencerai beraikan kamu dari Jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Allah agar kamu bertakwa. (Qs. 6:153)

APA URGENSI BERBUAT LURUS, MENJAGA INTEGRITAS DAN SIKAP?

 Hal itu dapat kita rasakan indah dan faidahnya dalam surat Fushshilat ayat 30-32 yang berbunyi:
"Sesungguhnya orang orang yang mengatakan bahwa Allah adalah TUhan kita semua, kemudian mereka itu bertindak lurus, maka malaikat malaikat akan turun kepada mereka -dan berkata: "Jangan engkau semua takut dan jangan pula berduka cita dan terimalah berita gembira memperoleh surga yang telah dijanjikan kepadamu semua. "Kami menjadi pelindungmu semua dalam kehidupan dunia dan pada hari kemudian. Di situ engkau memperoleh apa apa yang menjadi keinginan hatimu dan di situ pula engkau semua mendapatkan apa saja yang engkau semua minta. Hidangan dari Tuhan yang Maha Pengampun dan Penyayang (QS. Fushshilat:30-32)


0 komentar: