Jumat, 15 Maret 2013

Hasil Hasil Budaya Megalitikum

Megalitikum berasal dari dua kata, yaitu Mega yang berarti besar dan lithos yang berarti batu. Yang dimaksud dengan bangunan megalitikum adalah bangunan bangunan yang dibuat dari batu batu besar dan digunakan dalam hubungannya dengan kepercayaan.
bangunan bangunan megalit antara lain:
1. Menhir
 Menhir adalah btugu dari batu tunggal. fungsinya sebagai tanda peringatan suatu peristiwa atau sebagai tempat pemujaan roh nenek moyan. KArena itu menhir dipuja orang. Mehir ditemukan di berbagai tempat di Indonesia, misalnya di Sumatera Selatan, Sulawesi Tengah dan Kalimantan.

2. Dolmen. Dolmen adalah meja batu yang fungsinya sebagai tempat meletakkan sajian untuk pemujaan roh nenek moyang. Jadi dianggap sebagai tempat pemujaan. Kecuali sebagai meja untuk meletakkan sesaji, ada juga dolmen yang dipergunakan sebagai peti mayat. Bangunan ini oleh penduduk disebut: "makam cina". Pada temua dolmen ini terdapat tulang tulang manusia. Selain itu juga ditemukan benda benda seperti periuk, gigi binatang, porselin dan pahat dari besi. Dolmen banyak ditemukan di Bondowoso.

3. Sarkofagus. Sarkofagus adalah peti batu besar bentuknya seperti lesung dan diberi tutup, Fungsinya sebagai kuburan atau peti mayat. di dalamnya ditemukan tulang tulang manusia bersama bekal kuburnya. Bekal kubur ini berupa periuk periuk, beliung persegi dan perhiasan dan juga benda benda perunggu dan besi. Daerah ditemukannya sarkofagus kebanyakan di Bali. di Bali sendiri sampai sekarang Sarkofagus masih dianggap keramat dan dianggap mengandung suatu kekuatan magis.



4. Kubur Batu. Kubur batu adalah kuburan dalam tanag yang mana sisi samping alat dan tutupnya diberi papan papan dari batu. fungsinya untuk mengubur mayat. Namun memiliki perbedaan dengan dolmen dan Sarkofagus. Dolmen dan Sarkofagus dibuat dari lempengan batu, yang disusun menjadi peti. Kubur batu banyak ditemukan di Kuningan Jawa Barat.

5.  Punden Berundak. Punden Berundak adalah bangunan  dari batu yang disusun secara bertingkat. fungsinya sebagai pemujaan roh nenek moyang. Bangunan ini merupakan bentuk pendahuluan dari candi. Punden berundak ditemukan antara lain di Lebak Sibedug Banten Selatan

6. Arca, Arca yaitu patung patung. ada yang berbentuk manusia dan yang berbentuk binatang. pada jaman Megalitikum, bentuk arca masih sangat sederhana dan kasar.

0 komentar: