Senin, 05 November 2012

HAMBATAN HAMBATAN MEMOTIVASI DIRI


Banyak orang yang kesulitan memotivasi diri. Hal itu diantaranya disebabkan oleh hambatan hambatan antara lain:

1. Kurangnya Percaya Diri

Kurangnya kepercayaan diri menyebabkan motivasi sudah dipadamkan sejak awal. Yakni dengan berpikir negatif terlebih dahulu terhadap diri sendiri. Motivasi membutuhkan lahan yang tepat untuk tumbuh. Lahan itu adalah kepercayaan diri.

2. Cemas

Kata Cemas berasal dari kata Anglo Saxon “weirgan” yang artinya mencekik, membekap jalan pernapasan sampai tidak mampu bernafas.

Kecemasan adalah salah satu faktor penghambat motivasi karena kecemasan membekap berbagai kelebihan manusia. Termasuk juga motivasi yang dimiliki manusia.

3. Opini Negatif

Opini negatif adalah salah satu penghambat motivasi yang paling sering dialami manusia. Lingkungan kita seringkali dipenuhi oleh orang yang pandai melemparkan opini negatif daripada memberikan opini positif. Lebih banyak orang yang bisanya mencela, menjelek jelekan dan melemahkan semangat kita untuk melakukan sesuatu. Hal ini menyebaban motivasi kita terhambat untuk tumbuh berkembang.


4. Perasaan Tidak ada Masa Depan

Ketika seseorang merasa dirinya tidak mempunyai masa depan, ia tentu saja kehilangan motivasi. Perasaan tidak ada masa depan disebabkan kegagalan yang sering dialami, sehingga ia tidak percaya lagi ada keberhasilan di masa depan.


5. Merasa Diri Tidak Penting

Jika seseorang merasa dirinya merasa tidak berguna, ia menjadi kehilangan motivasi.



6. Tidak Tahu Apa yang Terjadi

Kebingungan menyebabkan orang tidak tahu apa yang akan diperbuat. Hal ini tentu akan menghambat tumbuhnya motivasi untuk berbuat. Bagaimana motivasi dapat tumbuh jika ia tidak tahu apa yang harus diperbuat.



7. Pengakuan Semu


Motivasi membutuhkan pengakuan yang tulus. Ketika pengakuan diberikan secara semu, mungkin karena perasaan tidak enak, nepotisme, dan ketakutan, maka pengakuan itu tidak akan menumbuhkan motivasi yang kuat bagi pelakunya.

0 komentar: