Sabtu, 25 Oktober 2014

Doa Doa Pilihan untuk Awal Tahun

Walaupun secara kongkrit Islam tidak mengajarkan secara khusus mengenai doa awal tahun, namun dari prespektif lain doa merupakan inti ibadah sebagaimana disabdakan oleh Nabi Muhammad S.A.W yang diriwayat oleh Tirmidzi.
Allah juga berfirman:
  • "...Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku perkenankan bagimu. (Qs. Al Mu'min: 60)
  •  "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka jawablah bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia berdoa kepada-Ku" (Qs. 2:186)

Dari segi substansi doa-doa pilihan dan terbaik untuk Awal Tahun menurut saya yang bersumber dari Al Qur'an dan Hadist Shahih adalah sebagai berikut:
1. Allahumma innii asalukal 'aafiyata fid dun-yaa wal aakhirah (Hr. Turmudzi 5/534)
Doa tersebut memiliki arti "Ya Allah sungguh aku memohon kepada-Mu kekuatan di dunia maupun di akhirat."

2. Rabbi auzi'nii an asykura ni'matakal latii an'amta 'alaya wa 'alaa waalidayya wa an a'mala shaalihan tardhaahu wa adhkhilnii birahmatika fii 'ibaadikash shaalihiin (Qs. an Naml:19)
Doa diatas memiliki arti "Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh"

3. Robbisy-rohlii shodrii wa yassirlii amrii wahlul 'uqdatan min lisaani yafqohuu qoulii (Qs. Thaaha: 25- 28)
 Doa ini memiliki arti "Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku." 

4. Robbanaaghfir lanaa wa israafanaa fii amrinaa wa tsabbit aqdaamanaa wanshurnaa 'alal qoumil kaafiriin (Qs. Ali Imran :147)
Arti doa ini adalah Ya Tuhan kami, ampunilah dosa dosa kami dan tindakan tindakan kami yang berlebihan dalam urusan kami, dan kuatkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.

5. Robbanaa aatinaa mi ladunka rohmah, wa hayyi' lanaa min amrinaa rasyaada (Qs. Al Kahfi: 10)
Artinya " Wahai Tuhan Kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjutk yang lurus dalam urusan kami.

6. Robbanaa aatinaa fid dun yaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa 'adzaaban naar (Qs. Al Baqarah: 201)
Doa ini doa yang paling sering diucapkan dan dipanjatkan oleh muslim seluruh dunia. Orang Indonesia menyebutnya sebagai doa sapu jagat. Mengapa disebut doa sapu jagat? Disebut doa sapu jagat tidak lain karena arti dari doa ini yang berbunyi 'Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka".

7. Robbana la tuzigh quluubanaa ba'da idz hadaitanaa wa hablanaa min ladunka rohmah, innaka antal wahhab. (Qs. Ali Imran:8)
Doa ini memiliki arti yang sangat dalam yaitu memohon kepada Allah agar tidak dicondongkan hatinya kepada kesesatan setelah Allah beri petunjuk, dan memohon kepada Allah karunia karena Allah-lah Dzat Maha Pemberi Karunia.

Ketujuh Doa tersebutlah yang menurut saya terbaik untuk dipanjatkan di awal tahun, namun penulis sarankan jangan hanya sekali dalam berdoa atau mengkhususkan berdoa pada awal tahun saja. Terlebih doa merupakan penguat mental dan sikap optimis kita. Mari rajin berdoa.. :)

Mungkin juga ada yang masih bertanya, Mengapa doa saya tidak dikabulkan? Apa tips agar doa dikabulkan? Silahkan lihat postingan di blog ini mengenai Tips Tips agar doa dikabulkan.

Sekian.. Selamat Tahun Baru Hijriah bagi segenap penduduk muslim Indonesia :)

Oleh: Liberta Bintoro Ranggi Wirasakti, Magelang.

0 komentar: