Rabu, 22 Oktober 2014

Tips Mengatur Nafas saat Berenang

Renang merupakan olahraga yang sangat mengasyikkan. Selain mengasyikkan renang juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Namun seringkali saat renang, seseorang mengalami kendala dan kesusahan dalam mengatur nafas saat dia berada di air. Sehingga mengganggu kenikmatan berenang itu sendiri. Oleh karena itu kali ini saya akan membagikan sedikit tips untuk mengatur nafas saat renang. Tips sederhana itu diantaranya:
1. Gunakan kacamata renang. Penggunaan kacamata renang membuat kita lebih nyaman saat kepala ada di air sehingga kita bisa rileks dan mencegah rasa panik sekaligus menjaga mata dari rasa perih terkena air.
2. Jangan menahan nafas. Renang selain harus rileks dalam gerak juga jgn menahan nafas karena justru membuat kita semakin terengah engah. Bernafaslah seperti biasa. Untuk melatih ini bisa menggunakan gaya dada secara rutin. Tarik nafas secara normal kemudian masuk ke dalam air, keluarkan nafas pelan pelan menggunakan hidung kemudian angkat kepala ke permukaan air dan tarik nafas lagi menggunakan mulut.
4. Latihan memompa nafas dengan berpegangan pada pinggir kolam kemudian masukkan kepala menyelan ke dalam air kemudian muncul lagi ke permukaan berulang kali. Ini jg membuat kita nyaman dan terbiasa bernafas saat berenang. 

0 komentar: