Minggu, 26 Oktober 2014

Tips Memilih Pekerjaan yang Tepat

Mendapatkan pekerjaan yang tepat merupakan impian setiap pencari kerja. Butuh persiapan yang mendetail serta matang untuk mendapatkan pekerjaan yang tepat. Berikut adalah tips-tips mendapatkan pekerjaan yang tepat.
  1. Aktif melihat iklan lowongan pekerjaan. Saat ini banyak website pencarian kerja, Aplikasi Android mengenai lowongan kerja, dan melalui koran-koran seperti Kompas melalui Kompas Karier. Kita harus selalu mengecek informasi dan melihat deskripsi pekerjaan serta syarat-syaratnya sudah sesuai atau belum dengan yang telah kita persiapkan.
  2. Pastikan mereview perusahaan-perusahaan yang akan kita pilih mengenai profil, prestasi perusahaan, image dan citra perusahaan, berita mengenai perusahaan serta bila memungkinkan profit perusahaan. Manfaat dari mencari informasi perusahaan sedetail mungkin adalah untuk memastikan bahwa kita nanti tepat ada di sana. Jangan sampai ternyata setelah kita bekerja ternyata Perusahaan kita mengalami permasalahan sehingga berakibat karir kita juga akan terancam.
  3. Utamakan Passion. Carilah pekerjaan sesuai dengan minat dan bakat. Hal ini akan menyebabkan kita selalu semangat bekerja dan mendapat penilaian positif dari atasan.
  4. Cari Pekerjaan yang sesuai dengan Kepribadian kita. Tentu hal ini untuk mencegah kita stres atau frustasi di tengah tengah kerja kita karena tidak sesuai dengan kepribadian kita.
  5. Mempersiapkan keterampilan-keterampilan tambahan. Memiliki keterampilan tambahan bahkan lebih baik lagi dibuktikan dengan sertifikat akan menjadi nilai lebih untuk kita dalam menentukan pekerjaan. Cari pekerjaan yang membutuhkan keterampilan-keterampilan yang kita miliki.
  6. Gaji. Gaji merupakan pertimbangan orang untuk bekerja. Secara realistis memang orang bekerja untuk mendapatkan gaji yang dapat menyejahterakan dirinya dan keluarganya. Saat ini ada situs Qerja.com yang dapat dijadikan referensi penerimaan gaji sehingga bisa menjadi patokan gaji tempat yang akan kita lamar.
  7. Carilah Tempat Kerja yang memiliki Visi yang Visioner dan bagus. Masa Depan Perusahaan adakalanya bisa dilihat dari visi dan misi perusahaan. Selain merangsang kita untuk bekerja lebih giat sekaligus termotivasi. Perusahaan yang visioner akan selalu menemukan cara cara baru mempertahankan kualitas perusahaan termasuk kita sebagai bagian dari sumber daya perusahaan tersebut.
  8.  Jangan lupa selalu berdoa agar diberikan tempat yang terbaik. Jangan pernah meremehkan doa.
  9. Selalu optimis kita akan mendapatkan pekerjaan yang tepat dan sesuai. Ini akan berakibat pada sikap mental diri kita.
 Demikian tips memilih pekerjaan yang tepat dari saya.

Liberta Bintoro Ranggi Wirasakti, Magelang.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima kasih atas informasi dan tipsnya boleh juag untuk dicoba.
cek aja lowongan info lowongan kerja di indonesia disini