Jumat, 24 Oktober 2014

Manfaat Menulis Blog

Menulis blog bagi sebagian orang adalah hobi namun bagi sebagian yang lain merupakan hal yang sangat berat untuk dikerjakan. Persoalan pertama adalah rasa malas. Persoalan kedua adalah rasa enggan karena beranggapan yang membaca blog hanya sedikit dan kurang berfaedah bagi dirinya dan hanya membuang waktu saja.

Menurut saya, menulis blog merupakan manifestasi sikap mental seseorang. Menulis blog menguji konsistensi kita dalam menulis dan berpikir. Menulis blog juga mengajarkan kita bahwa semua butuh proses. Hal ini dikarenakan tidak serta merta tulisan blog kita akan dibaca oleh khalayak ramai.

Inspirasi bagus datang dari seorang Michael Crichton agar kita selalu memiliki motivasi menulis sebagai berikut:
Sebuah karya akan memicu inspirasi. Teruslah Berkarya
Jika anda Berhasil, teruslah berkarya
 Jika Anda gagal, teruslah berkarya

Jika Anda tertarik, teruslah berkarya
Jika Anda bosan, teruslah berkarya

Hal senada juga dikatakan oleh Prof. Mudrajad Kuncoro yang menyatakan seseorang akan dapat dan terus menulis jika dia memiliki motivasi (ruh) dalam menulis.

Sedangkan menurut saya, menulis bisa sebagai sarana kita meluapkan rasa takjub kita kepada Allah S.W.T tentang berbagai tanda, fenomena, dan ciptaan-Nya di segala penjuru langit dan bumi seakan dapat membenarkan ayat berikut ini:
Katakanlah: Kalau sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu pula. Al Qur'an surat Al Kahfi: 109

Sungguh kita akan merasakan  kebenar dan begitu indah ayat Allah tersebut jika kita mempraktikan menulis, mengeksplorasi semesta ini.

Maka tidak heran jika Qatadah dalam Tafsir Al Qurthubi menyatakan "Menulis adalah nikmat termahal yang diberikan Allah, ia juga sebagai perantara untuk memahami sesuatu"

Dari paparan tokoh dan ayat tersebut mungkin sudah merangsang kita untuk memulai menulis, jangan hanya dipikirkan saja, Mulai dari Sekarang!

Mengapa saya membuat judul Manfaat Menulis Blog? tidak lain Manfaat Menulis Blog menurut saya adalah sebagai berikut:
1. Blog merupakan wadah yang bisa kita jadikan tempat berbagi ilmu secara online sehingga potensi pemirsa atau pembaca blog adalah di seluruh dunia.
2. Blog memiliki arsip, kita bisa merasakan perputaran dan perjalanan waktu. Kita bisa menengok kembali tulisan tulisan kita di masa lalu, analisis kita. Bahkan kita bisa menilai diri kita sendiri di masa lalu. (mungkin alay, kekakanak kanakan dan lain-lain). Dengan kata lain blog bisa memberikan kita sarana untuk mawas diri dan mengembangkan kepribadian dan sikap mental yang baik.
3. Melalui Blog kita tentu semakin terhindar dari risiko hilangnya file bersejarah kita karena pergantian gadget, komputer atau sarana menulis kita yang lain.
4. Blog juga bisa menjadikan sarana rejeki bagi sebagian orang, bahkan titik awal kesuksesan orang sebagaimana dialami oleh Raditya Dika.
5. Melalui Blog kita bisa mengaksesnya dimana pun, kapan pun asal ada internet yang semakin hari semakin murah dan mudah di dapat karena saat ini nyaris manusia tidak bisa lepas dari Gadget.
6.Blog bisa kita jadikan sarana berbagi ilmu, bukan hanya mendapat manfaat dari menulis, kita bahkan mendapat amal jariyah dari Allah S.W.T

masih banyak manfaat lain yang akan bisa Anda semua dapat jika tidak hanya sekedar membaca postingan ini namun memulai membuat blog Anda sendiri dan mengisinya dengan konten dan ilmu yang bermanfaat.

Jangan ragu untuk menulis di Blog! Semangat untuk Negeri. :)

Liberta Bintoro Ranggi Wirasakti, Magelang.

0 komentar: