Minggu, 30 November 2014

Komparasi Harga Kapal Mistral Class Terhadap Beberapa Jenis Barang

Oleh Ranggi Wirasakti, Infografik oleh Sputnik/Ria Novosti


Kapal kelas mistral akhir akhir ini mendunia. Tak lain karena kapal induk helikopter asal Perancis ini dipesan oleh Rusia. Namun perkembangan geopolitik dunia mendorong tidak stabilnya politik di berbagai belahan dunia seperti efek domino akhirnya bersinggungan langsung dengan kepentingan nasional Rusia. Hal ini terkait dengan situasi politik di Ukraina yang mulai tidak stabil dan menjurus ke arah konflik serius. Ukraina merupakan negara yang sangat strategis bagi Rusia. Sehingga Rusia mengambil tindakan yang ia sebut "perlindungan" bagi warga negara yang berbahasa Rusia di wilayah Krimea yang terletak di Ukraina Selatan.
 Konflik ini serius dampaknya bagi politik internasional, bisnis internasional, dan aspek kemanusiaan. Konflik Ukraina pulalah yang menyebabkan terjadinya insiden pesawat Malaysia Airlines tertembak jatuh dan menewaskan seluruh penumpang termasuk WNI di dalamnya.

Menghadapi langkah politik dan militer Rusia, Uni Eropa dan Amerika terus menekankan sanksi bagi Rusia dalam berbagai bidang terutama ekonomi. Uni Eropa dan Amerika juga mendesak agar Perancis tidak mengirimkan Kapal Kelas Mistral ini ke Rusia yang dibeli Rusia pada tahun 2009. Perancis kini  belum juga mengirimkan kapal ini ke Rusia walaupun telah diberi ultimatum oleh Rusia akan diproses secara hukum.
Rupa Kapal Mistral yang Dipesan Rusia. Source: Getty Image

Kapal mistral adalah jenis kapal induk helikopter yang berfungsi sebagai kapal serbu amfibi. Jenis ini digunakan untuk mendukung operasi militer di darat melalui mekanisme serangan amfibi. Kapal ini memiliki kecepatan 18 knot, dapat dimuati sekitar 59 kendaraan lapis baja dan mampu membawa sekitar 16 helikopter besar atau sekitar 35 helikopter yang berukuran kecil. Untuk mendukung pengoperasian helikopter tersebut di kapal mistral ini terdapat 6 tempat landing helikopter.

Agar lebih mudah dan menarik memahami kapal ini dapat dilihat dalam gambar berikut:
Kapal ini memiliki nilai yang sangat strategis dan dilengkapi teknologi yang unggul tidak heran jika kapal ini harganya sangat mahal. Harga 1 Kapal Mistral ini dapat dibandingkan dengan beberapa barang sebagaimana terdapat di infografik di bawah ini.
Melihat kasus kompleksnya pembelian kapal ini menurut saya dapat dijadikan pelajaran penting bagi Indonesia, yaitu:
1. Selalu mempertimbakan aspek dinamika politik internasional dan politik nasional dalam bidang pengadaan industri pertahanan.
2. Harus memantau betul negara pengekspor alutsista tersebut.
3. Harus berupaya memberdayakan industri pertahanan dalam negeri semaksimal mungkin. Alutsista merupakan komponen yang memiliki harga tinggi sehingga bisa menjadi pendapatan yang besar bagi Indonesia dan nama Indonesia akan berkibar di tingkat internasional jika memiliki industri pertahanan yang maju.
4. Industri pertahanan dibangun tidak dalam waktu yang singkat namun memerlukan proses yang sangat panjang. Memerlukan pemikiran visioner dan sumber daya yang mumpuni. Namun menurut saya, persoalannya adalah bagaimana cara kita memulainya dan terus mengembangkannya.

Sekian
#Bangga Menjadi Indonesia
Liberta Bintoro Ranggi Wirasakti, Magelang.

0 komentar: