Sabtu, 01 November 2014

Mengenal Panser Anoa PT PINDAD

PT Pindad merupakan salah satu badan usaha milik negara (BUMN) yang menyelenggarakan usaha di bidang industri pertahanan. Industri pertahanan merupakan komponen penting dalam menopang alat pertahanan dan keamanan sebagai bagian dari sistem pertahanan dan keamanan. Sistem pertahanan tersebut dilaksanakan dalam rangka mewujudkan tujuan negara sebagaimana ada dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia...."

PT Pindad telah banyak mengeluarkan berbagai produk alat pertahanan dan keamanan. Namun seperti yang sering kita dengar ada satu alutsista yang mendunia yaitu Panser Anoa. Panser Anoa sering digunakan oleh Pasukan Garuda di bawah komando PBB sebagai Pasukan Perdamaian Dunia yang menjalankan misi di berbagai negara.

Kali ini saya akan mengulas mengenai Panser Anoa tersebut secara ringkas. 
Panser Anoa merupakan kendaraan lapis baja untuk keperluan angkut personil sedang (APS) yang mulai dikembangkan pada tahun 2003 dan diperkenalkan kepada publik pada tahun 2008 melalui parade hut TNI dan pada saat Pameran Alutsista. Kendaraan APS ini digunakan untuk memobilisasi pasukan agar terhindar dari serangan seperti mortir, dan senjata ringan serta sisa-sisa ledakan kecil. APS juga tidak digunakan dalam pertempuran langsung. Panser Anoa memang sangat cocok bagi kondisi di Indonesia karena memiliki mobilitas tinggi serta manuver yang bagus sehingga dapat digunakan untuk patroli keamanan(dalam keadaan konflik bersenjata), sebagai pengangkut logistik dan prajurit yang sakit. Anoa dapat mengangkut 13 personil. Panser Anoa ada beberapa jenis, untuk lebih mudah memahami Panser Anoa secara ringkas dapat menggunakan infografik sebagai berikut:

Berikut ini adalah jenis jenis dari Panser Anoa, yaitu:
1. ANOA 6x6 Logistic
2. ANOA 6x6 Recovery

3. ANOA Ambulance


4. ANOA RWCS

Untuk spesifikasi lebih detail dari setiap jenis Anoa tersebut dapat dilihat di website PT Pindad. Panser Anoa merupakan bukti bahwa Indonesia bisa! Indonesia mampu dalam pengembangan alat utama sistem pertahanan. Kita semua tentu berharap PT Pindad terus melakukan Inovasi sehingga menghasilkan alat-alat pertahanan yang semakin maju dan dapat memberikan devisa yang banyak bagi negara seperti industri pertahanan di negara-negara lain.


Liberta Bintoro Ranggi Wirasakti, Magelang.
Referensi:
UUDNRI 1945
Undang Undang no. 3 tahun 2002 tentang Pertahanan 
Undang Undang No. 16 tahun 2012 tentang Industri Pertahanan
Website PT Pindad
Website Kodam Cenderawasih
army-guide.com

1 komentar:

THYSSENKRUPP STEEL mengatakan...

salam super sahabat,
tetap semangat dan sukses selalu ya
ditunggu kunjungan baliknya :)