Minggu, 02 November 2014

6 Amalan yang Mengandung Pahala Seperti Haji

Haji merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang mampu melaksanakannya. Baik mampu secara materi maupun kesehatan. Ibadah haji merupakan ibadah yang sangat istimewa dan banyak pahala yang dijanjikan Allah di dalamnya. Ibadah Haji ini hanya diwajibkan satu kali saja oleh Allah S.W.T.


Banyak orang menginginkan mendapat pahala besar dan ternyata berdasarkan hadist hadist shahih terdapat beberapa amalan yang memiliki kandungan pahala yang setara haji jika kita amalkan secara ikhlas mengharap ridha Allah S.W.T semata. Amalan-amalan tersebut adalah

1. Umrah di Bulan Ramadhan
Dasar dari keutamaan ini ada dalam hadist Bukhari yang berbunyi "Sesungguhnya umrah di bulan ramadhan pahalanya setara haji dan umrah (Hr. Bukhari)
Berdasarkan hadist di atas bukan berarti kita yang belum berhaji terus hanya melakukan umrah di bulan ramadhan tanpa berhaji. Perlu diingat bahwa Haji adalah kewajiban bagi setiap muslim yang mampu.

2. Pergi ke Masjid untuk Shalat Fardhu dalam Keadaan telah Berwudhu
Nabi Muhammad S.A.W bersabda: "Barangsiapa keluar dari rumahnya dalam keadaan sudah bersuci untuk sholat Fardhu maka pahalanya seperti pahala orang haji yang berihram, Dan barang siapa keluar sholat Dhuha dia tidak bermaksud kecuali itu, maka pahalanya seperti pahala orang yang berumrah. Dan shalat sesudah shalat yang tidak ada perbuatan sia-sia di antara keduanya ditulis di kitab Illiyin. (Shahih Sunan Abu Dawud no. 522; Shahih Al Jami' no. 6228)

3. Shalat Fardhu Jamaah di Masjid
"Barangsiapa berjalan menuju berjamaah sholat fardhu, maka dia seperti berhaji. Dan barang siapa berjalan menuju shalat "tathawwu" (sunnah) maka dia seperti berumrah yang nafilah (Hadist Hasan terdapat dalam Shahih Jami no 6556)

4. Shalat Subuh hingga matahari terbit
"Barangsiapa Shalat subuh berjamaah lalu duduk berdzikir mengingat Allah S.W.T sampai terbit matahari kemudian sholat 2 rokaat, maka baginya pahala seperti pahala haji dan umrah yang sempurna, sempurna, sempurna (Hasan: Shahih At Tirmidzi no 480, Ash Shahihah no. 3403)

5. Belajar atau mengajarkan kebaikan di Masjid.
"Barangsiapa berangkat di pagi hari menuju masjid, ia tidak menginginkan kecuali untuk mempelajari suatu kebaikan atau mengajarkannya, maka baginya pahala orang yang melaksanakan umrah dengan umrah yang sempurna (Hadist hasan shahih; Shahih At Targhib wa At Tarhib no 82)

6. Dzikir setelah Sholat
Keutamaan dzikir setelah sholat sangat banyak dalam hadist hadist shohih. :)

Semoga kita senantiasa diberi oleh hidayah oleh Allah S.W.T agar selalu didekatkan dan mampu melaksanakan amalan amalan yang bermanfaat secara istiqomah. amiin..

Liberta Bintoro ranggi Wirasakti, Magelang

1 komentar:

KISAH SUKSES mengatakan...

Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya ini JAMAL ISMAIL seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU DARNA yg dari singapur tentan AKI MAULANA IBRAHIM yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor toto 4D dr hasil ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.230.000 Ringgit dan sy tukar uang itu di indon Rp,690 jt ,kini saya kembali indon membeli rumah dan kereta walaupun sy Cuma pekerja kilang di selangor malaysia , sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI MAULANA dan jika anda ingin seperti saya silahkan Telefon AKI MAULANA Ibrahi di 0823-85950389 Untuk yg di luar indon telefon di +62823-85950389, Atau
KLIK AKI MAULANA DISINI saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI MAULANA saya juga sudah bisa sesukses ini. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKI, Untuk yg punya mustika bisa juga di kerjakan narik uang karna AKI MAULANA adalah guru spiritual terkenal di indonesia. Untuk yg punya rum terimakasih atas tumpangannya.






Penarikan Uang Ghaib Atau Danah Hibah Oleh KIAY MAULANA IBRAHIM
1.UANG SUKARNO TERLIPAT SENDIRI
2.MUSTIKA BESI ANTI KULIT/CUKUR
3.MUSTIKA MANUSIA ANTI KULIT/CUKUR
4.MUSTIKA MERAH DELIMA ANTI KULIT/CUKUR
5.MUSTIKA KERIS BERDIRI ANTI KULIT/CUKUR ATAU MUSTIKA APA SAJA YG PENTIG PUNYA KEKUATAN/KE AMPUHAN,JIKA BERMINAT KLIK AKI MAULANA DISINI
ATAU HUB:AKI MAULANA IBRAHIM TLP.0823-85950389 TRIMA KASIH