Sabtu, 29 November 2014

Upin Ipin : Serial Animasi Anak yang Inspiratif

Hampir semua orang Indonesia mengenal serial animasi anak Upin Ipin. Dua bocah lucu beserta kawan kawannya sangat bagus ditonton oleh semua jenjang umur.
Kehebatan Upin Ipin selain dari sudut animasinya, menurut saya sangat luar biasa dalam pengambilan karakter, nilai edukasi, serta penyampian pesan pesan moral bagi anak yang begitu mudah dan menarik untuk dipahami.

1. Pemilihan Karakter dan Tokoh.
Jika disimak secara dalam-dalam karakter upin ipin sangat komplit dan menggambarkan dunia nyata. Hal ini menurut saya ditujukan untuk mengajarkan anak-anak untuk saling menghormati saling menolong dan saling menguatkan.
Misalnya Upin dan Ipin seorang Yatim Piatu hidup bersama neneknya dalam kesederhanaan, Ikhsan seorang anak kaya suka makan dan selalu memiliki mainan baru, Mail seorang anak pedagang yang bakat bisnisnya menurun kepadanya, Mei Mei seorang Tionghoa, Fizi seorang anak yang sedikit mudah menangis dan manja serta Jarjit seorang hindu keturunan India yang suka berpantun. 
Selain kawan Upin Ipin tersebut ada tokoh lain seperti Kak Ros yang galak namun penyayang, Opah yang baik, Tuk Dalang yang sangat mencintai anak-anak dan kaya kreativitas, dan lain lain.
Pada setiap seri film ini selalu digambarkan toleransi beragama contohnya ketika Mei Mei dan Jarjit tidak makan di depan kawan kawan yang sedang berpuasa. Kemudian upin dan kawan kawan yang menonton acara perayaan kaum tionghoa dan lain lain.

2. Nilai Edukasi
Penonton Upin Ipin sepertinya paham betul nilai edukasi dalam animasi anak ini. Upin Ipin tidak berarti kemudian menceritakan upin dan ipin yang selalu menang dan dominan dalam setiap hal, namun justru mengajarkan anak anak berjiwa optimis dan semangat menghadapi kenyataan. Sebagai contoh ketika perlombaan dan kelas upin ipin kalah dalam perlombaan, Ibu Gurunya menasehati bahwa mereka telah berjuang maksimal dan mengatakan kegagalan itu hal biasa.
Upin Ipin juga menjadi ujung tombak Malaysia mengenalkan cinta produk dalam negeri Malaysia kepada anak anak sejak dini. Ada satu seri yang berisi ajakan bangga membeli produk produk dalam negeri Malaysia. Seharusnya ini menjadi inspirasi bagi sineas dan pemerintah Indonesia.

3. Penyampaian Pesan
 Penyampaian pesan di animasi ini tidak seperti ceramah atau pidato yang dianimasikan tetapi digambarkan seperti kehidupan nyata. Pesan disampaikan secara langsung maupun secara tersirat tidak langsung.
Sungguh luar biasa animasi Upin Ipin.

Semoga generasi anak Indonesia terdidik melalui hal hal yang bermanfaat seperti serial animasi Upin dan Ipin. Harus diakui untuk ini kita harus mencontoh Malaysia dalam melindungi, serta mengedukasi anak-anak secara membumi namun disajikan secara menarik.

Liberta Bintoro Ranggi Wirasakti, Secang Magelang.

1 komentar:

DepoS128 mengatakan...

Manfaat Pemberian Petai Cina Pada Ayam Aduan
S1288