Minggu, 02 November 2014

Tempat-Tempat Menarik di Indonesia Timur

Indonesia negara kepualauan di tengah katulistiwa sehingga memiliki keunikan geografis tersendiri. Bentang alamnya sangat indah. Lima tahun belakangan antusiasme masyarakat terhadap keindahan alam Indonesia mulai merambah ke bagian Indonesia timur. Hal ini tidak mengherankan karena di timur Indonesia walaupun sebagian besar masih merupakan daerah tertinggal, di sana alam masih alami dan menawarkan pesona yang sangat indah. Berikut adalah tempat tempat menarik di Indonesia Timur menurut saya.

1. Kepulauan Raja Ampat
Siapa tak mengenal Raja Ampat? Raja Ampat kini telah mendunia karena keindahannya sehingga menjadi magnet turis mancanegara untuk mengunjunginya. Raja Ampat bukan saja indah kepulauannya namun juga bawah lautnya. Keanekaragaman hayati di bawah lautnya sangat luar biasa banyaknya, para penyelam akan betah di bawah air Raja Ampat. Namun sayangnya Raja Ampat lebih banyak dikunjungi oleh turis asing. Hal tersebut mungkin dapat dimaklumi karena biaya ke sana begitu mahal.

Ini adalah salah satu penampakan bawah laut Raja Ampat yang bersumber dari sebuah biro perjalanan Pindito

2. Banda Neira


Bagi pembelajar sejarah tentu kenal dengan kota Banda Neira. Banda Neira adalah kota yang menyimpan sejarah besar bagi Indonesia sekaligus menyimpan potensi wisata bahari yang luar biasa besar. Banda Neira terletak di Kepulauan Banda, Maluku. Pada abad penjelajahan samudera, Banda Neira merupakan daerah tujuan utama para pencari rempah-rempah. Sehingga tidak heran jika terdapat lukisan Banda Neira sejak lama oleh para pelukis eropa, seperti foto di bawah ini yang dikoleksi oleh Troppen Museum Belanda.
Di Banda Neira pula, salah satu Proklamator kita yaitu Bung Hatta pernah dibuang oleh Belanda. Selain jejak bung Hatta. Di Banda Neira terdapat beberapa benteng peninggalan kolonial. Seperti Benteng Belegica


 Secara umum Kepulauan Banda memang sangat potensial dikembangkan oleh Pemerintah dan masyarakat dalam bidang pariwisata bahari. Untuk saat ini, potensi tersebut masih belum optimal. Sehingga tidak jarang banyak rakyat Indonesia yang tidak mengenal Banda Neira.
Banda Neira juga tidak kalah dengan Raja Ampat dalam hal keindahan bawah air. Hal ini tidak lepas bawah Kepulauan Banda masih dalam lingkup Segitiga Koral Dunia.
Berikut adalah tempat tempat menyelam di kepulauan Banda



3. Pulau Komodo
Pulau Komodo juga merupakan nama pulau yang sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia bahkan dunia. Komodo terkenal dengan satwa khasnya yaitu Komodo. Pulau Komodo selain memiliki satwa unik tersebut juga mulai sering diperkenalkan sebagai lokasi Sail. Beberapa tahun yang lalu pernah digelar acara Sail Komodo di Perairan Pulau Komodo. Pulau Komodo memang sangat menakjubkan. Pastikan selama kita hidup pernah mengunjungi pulau ini. :D
Berikut adalah galeri foto dari pulau komodo dari berbagai sumber yang memiliki koleksi foto sangat bagus tentang Pulau Komodo. Dengan mengeklik foto tersebut, otomatis akan membawa sahabat sahabat ke website untuk mengenal lebih jauh Pulau Komodo

sumber: cultureadventure.dk
sumber :http://www.skltd.ru
Masih banyak keindahan Indonesia Timur yang akan saya ulas, ikuti selalu update dari ranggiwirasakti.blogspot.com sebagai referensi perjalanan anda. :)

Liberta Bintoro Ranggi Wirasakti, Magelang