Kamis, 13 November 2014

Apa Itu Kapal Fregat?

Ranggi Wirasakti
Kapal Fregat India INS SATPURA (F48)

Fregat adalah salah satu jenis kapal yang pada umumnya digunakan sebagai kapal patroli laut di jaman modern ini. Kapal Fregat di angkatan angkatan laut dunia biasa diberi kode huruf F pada nomor lambungnya. Kata fregat menyerap dari istilah asing frigate, frigata(italia), fragata (spanyol), fregate (perancis). Fregat memiliki sejarah panjang sehingga memiliki fungsi yang erat dengan kegiatan patroli laut. Fungsi fregat tersebut tidak lepas dari sifat kapal fregat yang lincah dalam manuver, gesit, dan ringan namun juga memiliki jangkauan yang relatif sangat luas. Fase dan fungsi fregat dapat dibuat babakan sebagai berikut:
  1. Jaman Kapal Berbentuk Layar. Istilah kapal fregat ditujukan bagi kapal kapal yang mengawal armada dagang
  2. Republik Belanda (1581-1795) merupakan negara pertama yang mengembangkan fregat yang bergerak di samudera atau lautan luas yang tidak lepas dari tujuan mengamankan kapal dagang dari serangan armada Spanyol. Keunggulan Frigate dalam kancah pertempuran pada era ini adalah pada pertempuran Downs bagian dari Perang Delapan Tahun yang terjadi pada tahun 1639. Frigate pada pertempuran ini berhasil dalam melakukan blokade laut. Setelah era tersebut, Frigate kemudian dikembangkan oleh negara negara lain di dunia seperti Inggris dengan HMS Charles Galley.Amerika dengan USS Constitution, Portugal Dengan Dom Fernando II e Gloria, Perancis dengan Hermione
  3. Jaman Kapal menggunakan Uap Air. Pada jaman ini, Fregat mulai dipasang dengan meriam meriam yang lebih besar. Pada masa ini taktik perang laut populer adalah "line of battle" dimana kapal kapal membuat barisan seperti garis membuat basis pertahanan kemudian melakukan serangan terhadap armada musuh. contoh pada masa ini adalah HMS Warrior milik Angkatan Laut Inggris.
  4. Jaman Perang Dunia Kedua. Pada era ini frigat semakin canggih dan semakin banyak jumlahnya. untuk mengetahui fregat dari setiap kombatan perang dunia dapat dilihat di sini.
  5. Fregat Modern atau Masa Kini. 
Fregat kini memiliki peran yang sangat strategis bagi setiap angkatan laut. Hal ini dikarenakan Fregat dilengkapi dengan peluru kendali untuk permukaan ke udara sehingga sangat efektif untuk peperangan anti pesawat udara. Bahkan di Amerika beberapa Fregat yaitu Bainbridge, Truxtun, California, dan Virginia sudah bertenaga nuklir pada tahun 1970an. Fregat juga memiliki peran anti-kapal selam. Fregat dibekali torpedo antikapal selam seperti ASROC atau Ikara.

Fregat terus dikembangkan teknologinya seperti antiradar dan peran yang lebih besar dengan komponen tempur yang canggih dan berdaya hancur tinggi.
Kali ini saatnya mengenal Fregat yang dimiliki oleh Indonesia. Indonesia memiliki beberapa fregat  yaitu kelas SIGMA yang terdiri dari:
1. KRI DIPONEGORO (365) dilengkapi torpedo A 244S Mode 3/MU90, Rudal MBDA Excocet MM40
2. KRI HASANUDIN (366) dilengkapi torpedo 3A 244S Mode II/MU 90,
3. KRI ISKANDAR MUDA (367) persenjataan hampir sama dengan KRI Diponegoro dan Hasanudin
4. KRI FRANS KAISIEPO (368) persenjataan hampir sama dengan ketiga KRI diatas.
SIGMA merupakan singkatan dari Ship Integrated Geometrical Modularity Approach. Fregat Sigma ini banyak yang menggolongkannya ke dalam Korvet. Korvet adalah jenis kapal yang lebih kecil dari fregat namun lebih besar dari kapal patroli pantai.
Keempat jenis fregat kelas SIGMA tersebut merupakan fregat fregat baru Indonesia melengkapi fregat yang sebelumnya ada antara lain:
  1. KRI Slamet Riyadi (352) dibeli Indonesia dari Belanda yang sebelumnya bernama Van Speijk (F802)
  2. KRI Yos Sudarso ( 353) sebelumnya milik Angkatan Laut Belanda bernama Van Galen (F803)
  3. KRI Ahmad Yani (351) sebelumnya milik Angkatan Laut Belanda bernama Tjerk Hiddes (F804)
  4. KRI Oswald Siahaan (354) sebelumnya milik Angkatan Laut Belanda bernama Van Nes (F805)
  5. KRI Karel Satsui Tubun (356) sebelumnya milik Angkatan laut Belanda bernama Isaac Sweers (F814)
  6. KRI Abdul Halim Perdana Kusuma (355) sebelumnya milik angkatan laut Belanda Eversten (F815)
 6 KRI tersebut merupakan Fregat kelas Ahmad Yani (internasional : Van Speijk Class) dibeli Indonesia dari Belanda pada tahun 1985 dan 1986.

Fregat Kelas Fatahillah. terdiri dari:
  1. KRI Fatahillah (361)
  2. KRI Malahayati (362)
  3. KRI Nala (363)
KRI kelas Fatahillah rata-rata diluncurkan pada tahun 1970an-1980an. 

Fregat kelas Khristina Tiyahahu (Internasional :kelas Tribal). KRI yang masuk ke dalam kelas ini adalah:
  1. KRI Hasanuddin (333). KRI Hasanuddin merupakan fregat yang dibeli dari angkatan laut Inggris yang sebelumnya bernama HMS Tartar pada tahun 1984
  2. KRI Martha Khristina Tiyahahu (331). KRI ini pada mulanya merupakan Kapal Angkatan laut Inggris yang bernama HMS Zulu (F124) yang dibeli pemerintah Indonesia pada tahun 1984
  3. KRI Wilhelmus Zakarias Yohannes (332). KRI ini juga dibeli dari Inggris tahun 1984 pada mulanya merupakan HMS Gurkha (F122)
Fregat kelas SIGMA yang sejenis dengan KRI Diponegoro

Indonesia terus akan menambah jumlah Fregate untuk memperkuat armada laut dalam rangka mengamankan laut Indonesia. Pada tahun 2013 Purnomo Yusgiantoro menyebutkan Indonesia akan membeli tiga unit kapal perang jenis Multi Role Light Frigate(MLRF).

Liberta Bintoro Ranggi Wirasakti, Magelang.

0 komentar: