Jumat, 16 November 2012

jenis jenis hutan di Indonesia dan Pemanfaatannya

Oleh karena Indonesia beriklim tropis dan banyak mendapat hujan, wilayah ini mempunyai hutan hutan yang lebat yang disebut hutan hujan tropis. Di Indonesia ada beberapa macam hutan antara lain:

a. Hutan Musim.
Hutan Musim terdapat di daerah yang dipengaruhi iklim musim. Selama musim kemarau, daun pohon pohon di hutan musim ini banyak yang gugur sehingga meranggas, Sebaliknya, setelah musim hujan, daun daun pojon hutan musim lebat kembali. Hutan musim sering juga disebut sebagai hutan homogen, karena terdiri dari satu jenis tumbuhan saja.

b. Hutan Hujan Tropis

Hutan Hujan Tropis terdapat di daerah yang banyak mendapat hujan. Pohon pohon dalam hutan ini berdaun rindang dan lantai hutan gelap karena sinar matahari tidak dapat menembus daun daun rindangnya. Tanah dan udara dalam hutan lembab karena uap airnya sulit terevaporasi ke atas. Pohon pohon dalam hutan tersebut sering dibelit oleh tumbuhan sulur, seperti rotan..

c. Hutan Bakau
hutan bakau terdapat di daerah dataran rendah pantai yang banyak lumpurnya. Pohon bakau mempunyai akar menjulang di atas permukaan air pada waktu air surut dan terendam air pada waktu air laut pasang. Akar pohon  bakau dapat menahan abrasi

d. Hutan Sabana (stepa)
Hutan sabana terdapat di daerah kurang hujan. Hutan Sabana merupakan padang rumput (stepa) yang disebagian tempat terdapat hutan dengan pohon pohon yang rendah. Hutan ini terdapat di daerah nusa tenggara dan dimanfaatkan sebagai lahan usaha peternakan sapi dan kuda

0 komentar: