Kamis, 08 November 2012

Hikmah Al Qur'an : Banyak Jalan Kebaikan


Allah Ta'ala berfirman dalam surat al Baqarah ayat 215: "..Dan apa saja kebaikan yang engkau buat, maka sesesungguhnya Allah mengetahuinya."

Di ayat lain.. "Maka barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah(atom)pun, maka ia akan mengetahuinya." Qs. aL Zalzalah : 7

Juga Allah berfirman " Barangsiapa yang melakukan amal shalih, maka perbuatannya itu akan menguntungkan dirinya sendiri." Qs. Al Jatsiyah:15)


Ayat ayat tadi mengisyaratkan kepada kita, bahwa Islam bukanlah agama yang kaku. Kebaikan yang diperintahkan oleh Islam begitu luas. banyak hal. Bahkan kata Nabi S.A.W Senyum yang sederhana kepada sesama manusia(muslim khususnya), menyingkirkan duri atau ranting sudah merupakan pahala yang dihitung Allah sebagai kebaikan atas dirinya sesuai dengan arti ayat 7 surat Al Zalzalah.


Untuk itu kita perlu merefresh pandangan kita yang kadang kaku saat mempelajari agama di awal awal. harus gini harus gitu. Namun tidak serta merta kita terus bebas. Allah menciptakan hati dan akal untuk menilai dan arif dalam bertindak.

Mengenai banyaknya Kebaikan dipertegas pula oleh Hadist

"JANGANLAH kamu menghinakan/ meremehkan suatu kebaikan sedikitpun, sekalipun hanya dengan jalan menemui saudaramu dengan wajah yang berseri seri" (Riwayat Muslim)


Sebagai penutup..

Allah berfirman..

Berlomba lombalah dalam kebaikan.. :)

mari semangat menggebu..

0 komentar: