Minggu, 13 Juni 2010

Rangkuman Pengetahuan Umum SMA

Rangkuman Pengetahuan Umum yang Sering Muncul dalam SNMPTN, UM UGM, SIMAK UI..

1.Jakarta Accord yang ditandangani 11 Agustus 1966 di Jakarta adalah perjanjian normalisasi hubungan Indonesia-Malaysia. Perjanjian ini ditandatangani Adam Malik dan Tun Abdul Razak. Rintisan Normalisasi ini telah dilakukan sebelumnya di Bangkok.

2.Sejak Tahun 3000 SM, Lembah sungai indhuz telah ditempati oleh bangsa DRAVIDA yang tinggi kebudayaannya, dan menghuni kota Mohenjodaro dan Harappa. Tata kota dan arsitekturnya sudah tertata rapi. Hal ini terlihat dari adanya aturan-aturan dalam pembuatan bangunan, jalan, serta bangunan yang terbuat dari batu bata berkualitas baik.

3.Dalam prasasti Tugu dinyatakan bahwa Raja Purnawarman dan Kerajaan Tarumanegara memerintahkan untuk membuat terusan sepanjang 6122 tombak atau sekitar 11 km. Pembuatan terusan yang disebut gomati ini mempunyai fungsi ekonomis tinggi, karena mempermudah transportasi untuk berhubungan dengan wilayah lain. Selain itu Saluran ini juga mencegah terjadinya Banjir.

4.Jendral Lord Minto adalah pelayar pertama dari inggris yang berhasil mendirikan kantor dagang Inggris di Banten yaitu Kantor Dagang EIC (East India company) Pusat operasi EIC itu sendiri berada di Calcuta INDIA.

5.Devaluasi Rupiah yang dilakukan pemerintah RI pada bulan September 1986 dimaksudkan untuk meningkatkan arus ekspor barang ke luar negeri. Hal ini karena kebijakan ekonomi Indonesia sangat tergantung pada pasar Internasional.

6.Gerakan Renaisance yang muncul di abad pertengahan dilatarbelakangi oleh
terhambatnya perkembangan ilmu pengetahuan sebagai akiat kuatnya dogma gereja sehingga masa itu disebut dark age. Di samping itu munculnya paham kapitalistik telah membuat harkat dan martabat manusia terabaikan demi memupuk kekayaan.

7.Keberadaan Lingga Yoni pada masa Kerajaan mataram Kuno dapat diketahui dari Prasasti Canggal(732 M) dan prasasti Kalasan (778) Bangunan Lingga Yoni dimaksudkan sebagai penghormatan kepada Dewi Tara.

8.Dampak Revolusi Inggris terhadap kehidupan masyarakat Eropa antara lain berkembangnya kapitalisme modern. Hal ini karena kaum kapitalis sebagai pemilik modal mempunyai fungsi ganda yaitu sebagai produsen sekaligus distributor barang.

9.Fosil Pithecanthropus Erectus yang ditemukan di beberapa wilayah di Jawa. Khususnya Sangiran dan Mojokerto diduga manusia purba yang sudah sempurna. Mereka hidup pada jaman Paleolithikum. Hal ini terlihat dari kehidupan mereka yang masih food gathering (mengumpulkan makanan). Dengan berburu dan meramu.

10.Investasi Jepang di Indonesia sejak Tahun 1979 bercirikan Industri Otomotif dan elektronik.

11.Kebudayaan Helenisme adalah perpaduan kebudayaan antara persia, yunani dan mesir yang muncul sebagai akibat dari penaklukan oleh Alexander AGUNG.

12.Kekhalifan Abasiah mengalami perkembangan pesat pada saat dipimpin oleh Harun AL Rahsyid. Pada masa itu buku-buku filsafat-filsafat dan ilmu pengetahuan dari Yunani dan persia dan diterjemahkan dalam bahasa Arab.

13.Tahun 1811 seluruh kekuasaan Belanda di Indonesia berhasil direbut Inggris. Lord Minto kemudian mengangkat Thomas Stamford Rafles sebagai penguasa atas wilayah Indonesia.

14.Pada awalnya hubungan KErajaan Sriwijaya dan Chola Madala adalah baik, namun kemudian menjadi buruk setelah kedua kerajaan bersaing dalam perdagangan dan pelayaran.

15.IGGI adalah Lembaga Donor yang telah bubar tahun 1992 dan diganti dengan CGI

16.Kemunduran Tradisi Kerajaan Hindu Di Indonesia terutama di Jawa, adalah karena diambil alihnya perekonomian dan perdagangan oleh para pedagang Melayu dan Islam.

17.Portugis gagal masuk ACEH karena masih kuatnya pengaruh Kerajaan Aceh.

18.Perjanjian Bongaya adalah perjanjian antara sultan Hasanuddin dengan belanda. Salah satu hasilnya adalah memberi kebebasan Belanda untuk melakukan monopoli perdagangan di Indonesia bagian Timur dengan pusatnya di Makasar.

19.Indonesia selalu berusaha menempuh jalur diplomasi dalam upaya mendapatkan kedaulatan. Hal ini semata-mata karena Indonesia mengakui eksistensi PBB sebagai lembaga yang menjamin hak kemerdekaan setiap negara.

20.Imperialisme Eropa pada abad 19. Dilatarbelakangi oleh adanya nasionalisme sempit. Upaya untuk mencari pasaran hasil Industri sebagai dampak revolusi Industri dan kapitalisme modern.

21.Tokoh penting dibalik Pelaksanaan Kongres Pemuda II adalah Sugondo Joyo Puspito.

22.Buku karya Karl MAX yang terkenal adalah Das Kapital.

23.Upaya Pemerintah awal Kemerdekaan dalam mengatasi masalah keuangan adalah
a.Melakukan pinjaman nasional
b.Mendevaluasi terhadap mata uang jepang
c.Mengeluarkan mata uang sendiri. ORI
d.Mendirikan bank sentral
24.Tokyo Forum menyepakati
a.Penciptaan perdagangan bebas di Asia Pasifik.
b.Pembebasan bea masuk sesama negara anggota apec untuk barang Primer.
c.Membangun kawasan ekonomi terbuka
d.Kebebasan Investasi

25.Sabana = tanah Luas yang ditumbuhi rumput dan diselangi pohon-pohon perdu
26.Stepa= padang rumput.
27.Pola pemukiman desa sangat dipengaruhi oleh keadaan alamiahnya.
Contoh :
a. Dataran Rendah : Pola Pemukiman Bergerombol
b. Pegunungan: Pola pemukiman terpencar-pencar.
28.Penyajian Informasi Geografi meliputi PETA, GRAFIK, TABEL

29.Indonesia merupakan hasil pertemuan antara lempeng Hindia-Australia yang bergerak ke arah utara. Lempeng pasifik yang bergerak ke arah barat dan lempeng Asia Tenggara yang sudah stabil.

30.Terbentuknya Embun adalah karena Udara mengalami pendinginan, lapisan udara bawah mengalami kelembaban 100%(udara jenuh) sehingga terjadi kondensasi dan terbentuklah embun.

31.ANgkatan kerja adalah penduduk usia kerja, yang sedang kerja, mencari pekerjaan, sehingga apabia diminta dapat menghasilkan barang/ Jasa.

32.Longsor Lahan Merupakan pemindahan masa batuan( Debris Avalances) dari lereng perbukitan karena gaya beratnya (masswasting)

33.Determinisme adalah kehidupan manusia sangat tergantung pada alamnya.
34.Asumsi yang digunakan oleh Weber dalam menyusun Teori Lokasi Industri adalah
a.Bahan mentah hanya terdapat di tempat tertentu.
b.Pasar hanya terdapat di daerah tertentu
c.Biaya Transportasi ditentukan oleh fungsi berat produk dan jarak,
d.Unit analisis bersifat Homogen.
35. Pegunungan yang potensial mengalamai Erosi adalah pegunungan yang mengalami Denudasi atau perombakan.

36.Dampak pulau Bahang (Heat Island) bagi kehidupan Kota adalah
a.Mengubah iklim Mikro.
b.Terjadi hujan lokal
c.Terjadi hujan konveksi
37.Habitat Mangrove adalah di daerah pesisir.
38.Kelebihan Jepang dibanding negara China dan korea adalah
a.Jepang lebih unggul dalam industri elektronik
b.Jepang lebih unggul persaingannya dengan negara barat.
c.Jepang Lebih Unggul dalam bidang otomotif.
39.Kelemahan Teori Malthus:
a.Ketidakpercayaannya pada tanah untuk menghasilkan produksinya secara lebihcepat.
b.Ketidakpercayaannya pada kemampuan teknologi yang memudahkan penghidupan manusia
40.Opportunity Cost adalah Ongkos dari pengorbanan atau kehilangan untuk menikmati hasil dari barang lain karena menambah suatu produksi atau investasi.

41.Cateris paribus adalah istilah dalam bahasa latin yang secara harfiah dalam bahasa Indonesia berarti “dengan hal-hal lainnya tetap sama”

42.Spekulasi adalah keberanian untuk (financial risk) yang cukup tinggi dari satu atau beberapa objek investasi karena didorong oleh harapan untuk meraih keuntungan yang lebih besar. Dalam Spekulasi ada unsur-unsur harapan atau ramalan (expectation) dan ketidakpastian masa depan(uncertainty)

43.Motif Spekulasi Versi Keynes mengatakan, tujuan utam orang memegang UANG adalah untuk memperoleh keuntungan dari hasil ramalannya( mengenai perubahan-perubahan suku bunga)

44.Likuiditas adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya. Likuiditas diukur dengan rasio aktiva lancar dibagi dengan kewajiban lancar. Perusahaan yang memiliki likuiditas sehat paling tidak memiliki rasio lancar sebesar 100%

45.Quick Ratio = (Aktifa Lancar- Persediaan)/ Hutang Lancar

46.Kreditur adalah pihak yang memiliki tagihan kepada pihak lain atas properti atau layanan Jasa yang diberikan di mana diperjanjikan bahwa pihak kedua tersebut akan mengembalikan properti yang nilainya sama atau jasa.

47.Saham Preferen adalah gabungan dari Obligasi dan saham biasa.

48.Solvabilitas adalah kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajibannya,

49.Dalam pasar persaingan sempurna MR=AR=P

50.Pasar persaingan Sempurna adalah sesuatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana sejumlah pembeli dan penjual sedemikian rupa banyaknya/
51.Ciri Pokok Pasar Persaingan Sempurna
a.Jumlah perusahaan dalam perusahaan sangat banyak,
b.Produk yang diperdagangkan sejenis
c.Tidak ada hambatan untuk masuk pasar.
d.Pemerintah tidak ikut campur tangan.
e.Penjual dan Pembeli hanya berperan Sebagai PRICE TAKER(PENGAMBIL HARGA)

52.Yang bertanggung jawab mengatur proses perdagangan Saham di Indonesia adalah BAPEPAM.

53.SetelaH Pangeran Diponegoro Ditangkap dan dipenjara oleh pemerintah kolonial. Ia meninggal pada 8 Januari tahun 1855 di Makasar, Pangeran ditangkap pada tanggal 8 Maret 1830. Dibawa ke Manado, kemudian 1834 dibawa ke Makasar.

54.Kolonel Ahmad Yani dikenal memimpin penumpasan DI/TII di Kebumen dan PRRI di SUMBAR melalui Operasi 17 Agustus.

55.Teuku Umar adalah tokoh perjuangan Aceh yang mempunyai strategi kooperatif dengan VOC sehingga mendapat gelar Teuku Johan Pahlawan dari VOC.

56.Pendidikan Jepang berkembang pesat pada masa Kaisar MEIJI/Matushito yang melaksanakan Restorasi Meiji.

57.Perang DUnia 1 dipicu oleh terbunuhnya putera mahkota Austria Franz Ferdinan di SaraJevo

58.Kitab negarakertagama yang ditulis Mpu Prapanca berisi perjalanan Hayam Wuruk ke jawa timur.

59.Berita china yang menjadi sumber sejarah masuknya agama islam di Indonesia ditulis oleh Ma Huan seorang penulis yang mengikuti perjalanan laksamana Cengho. Ma huan menulis kira-kira tahun 1400 telah ada saudagar Islam yang bertempat tinggal di Pantura Pulau Jawa.

60.Janji kemerdekaan dari Jepang disampaikan KOISO pada tanggal 9 September 1944.
61.Mesin Uap ditemukan pada Tahun 1796 oleh James Watt.
62.Kongres Wanita I dilaksanakan pada tanggal 22-25 Desember 1929 di Yogyakarta.
63.Danzig merupakan daerah yang kaya akan bahan tambang sebagai pendukung industri Jerman.
64.Ciri-Ciri Sungai Bagian Hulu adalah:
a.Gradien Besar.
b.Alirannya Lurus
c.Erosi Vertikal
d.Penampang melintang V
65.Ciri-ciri Sungai Hilir
a.Gradien Besar
b.Meander
c.Erosi Lateral
d.Penampang Melintang

66.Sensus Secara De Facto: Petugas mendata semua penduduk yang terdapat pada suatu daerah.(baik yang memilik ktp ataupun tidak)
67.Sensus Secara De Yure : Petugas hanya mendata penduduk yang betul-betul menjadi warga pada suatu daerah(memiliki KTP daerah tersebut)

68.International Rice Institute terletak di fillipina

69.Dasar Klasifikasi iklim menurut Koppen adalah TEMPERATUR Dan CURAH HUJAN.
70.Faktor Alam yang mempengaruhi curah hujan:
a.topografi
b.kelembaban dan Suhu udara,
c.Arah dan Kecepatan Angin
d.Luas Vegetasi Penutup

71.Ciri-ciri Hutan Hujan Tropis
a.Jenis Pohonnya heterogen
b.Tanah dan Udaranya Lembab
c.Pohon Epifit
d.Pohon tinggi dan Lebat
72.Klasifikasi Gempa menurut Penyebabnya
a.Gempa Tektonik
b.Gempa Vulkanik
c.Gempa Terban/ Runtuhan

73.Kota- Kota di indonesia Berkembang dari
1.Pusat Pertambangan
2.Pusat Perkebunan
3.Pusat perdagangan
4.Pusat pemerintahan

74.Chauvinisme adalah rasa kebangsaan yang berlebihan, sehingga menganggap ras bangsanya paling unggul.
75.Suku Inka dan Peradaban Inka ada di peru Amerika Selatan.
76.Tanam paksa dicetuskan oleh Van D Bosch. Berlaku dari 1830-1870
77.Pasukan Jepang pada tanggal 1 Maret 1942 berhasil mendarat di Banten, EretanWeter dan KRAgan dan akhirnya memaksa Belanda menyerah di Kalijati ( 8 Maret 1942)
78.The Sick Man of Europe adalah Kemal Pasha.
79.Ajaran Gandhi:
a.SatyaGraha: non Kooperasi
b.Hartal : Pemogokan
c.Ahimsa: Melawan tanpa kekerasan
d.Swadeshi: memajukan negara dengan kekuatan sendiri.
80.Huruf cetak miring (italic) dalam pembuatan peta digunakan untuk menunjukkan kenampakkan yang berupa tubuh air.
81.jenis Tanah yang mengalami pecah-pecah pada musim kemarau adalah tanah grumosol(campuran Kapur dengan material vulkanik) jenis tanah yang tidak cocok untuk pertanian, tapi cocok untuk tumbuhan Jati.
82.Besarnya Tekanan udara dipengaruhi oleh:
a.Ketinggian(makin tinggi, tekanan semakin berkurang)
b.Suhu(tekanan berbanding terbalik dengan suhu)
c.Uap air.
83.Bentuk-Bentuk pemanasana udara:
a.Adveksi (Mendatar ke samping)
b.Konveksi ( ke Atas)
c.Konduksi( kontak)
d.Tubulensi (Perputaran)
84.Kawasan Berikat Berfungsi Sebagai :
a.Penyimpanan+penimbun barang
b.Mengemas Barang
c.Pengolahan produk
85.Penyebab intrusi Laut :
a.Porositas tanah daerah pantai
b.Pengambian air tanah yang melebihi kapasitas,

86.Negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia adalah Mesir
87.Pemilu I 1955 dilaksanakan pada masa kabinet Burhanudin Harahap
88.Macam-Macam Danau menurut Proses Terjadinya
A.Danau tektonik
B.Danau Vulkanik
C.Danau Tekto vulkanik
D.Danau Karst/ doline
E.Danau glasial
F.Danau Empangan/ Buatan
89.Aurora adalah cahaya terang pada daerah kutub
90.Halo adalah Lingkaran Siar yang mengelilingi matahari
91.Hutan musim adalah jenis hutan yang pohonnya menggugurkan daun pada musim kemarau.
92.Megapolis adalah gabungan dari beberapa kota metropolitan
93.Material Vulkanisme adalah
1.Padat. Terdiri dari:
a.BOm
b.Lapili
c.Pasir Vulanik
d.Abu Vulkanik
2.Gas. Terdiri dari:
a.Sulfur/ S
b.Co2
3.Cair
a.Lava
b.Lahar

94.Proyeksi Silinder adalah semua paralel merupakan garis horison dan semua meredian merupakan garis lurus vertikal. Proyeksi Silinder paling tepat untuk menggambarkan daerah equator

95.Pidato ir. Soekarno dalam sidang pengadilan Landraad Bandung dikenal dengan nama “Indonesia Menggugat” yang berisi kritik tajam terhadap cara berpolitik pemerintah kolonial

96.Pembentukan wilayah RI ke dalam 8 Propinsi adalah hasil kerja panitia kecil yang terdiri dari Otto Iskandar Dinata, Subarjo, sAyuti Mellik, Iwa kusumantri, Wiranata Kusumah, Dr. Amir, A.A Hamidhan, DR. Ratulangi dan Ketut Puja.

97.8 Propinsi awal kemerdekaan adalah
a.Sumatera
b.Jawa barat
c.Jawa Tengah
d.Jawa timur
e.Sunda Kecil
f.Maluku
g.Sulawesi
h.Borneo
98.Tembok Besar China dibangun pada waktu dinasti Chin. Pada masa pemerintahan Kaisar Shi huang Ti.

99.Wuchang Day yang terjadi pada tanggal 10 oktober 1910 adalah peristiwa saat kaum nasionalis mengumumkan berdirinya Republik China. Peristiwa tersebut dikenal juga dengan nama The Double Ten Day.

100.Tanggal 31 Desember 1799 VOC dibubarkan karena :
a.Sifat VOC sebagai kongsi dagang untuk memerintah daerah yang luas tidak dapat dipertahankan lagi.
b.Korupsi di antara VOC yang merajalela
c.Saingan dari Kongsi dagang negara lain
d.Peperangan yang menelan biaya yang besar
e.Penyelewengan dalam tubuh VOC.
101.Proyeksi Zenithal adalah proyeksi yang berupa bidang datar yang menyinggung bola pada kutub.

102.Proyeksi kerucut adalah proyeksi yang memproyeksikan globe kerucut yang memotong globe.

(ditulis oleh LIBERTA BINTORO RANGGI WIRASAKTI)

3 komentar:

Anonim mengatakan...

thanks Sob...

Unknown mengatakan...

makasih gan telah berbagi ilmu

Mayang Putri mengatakan...

Sangat membantu, semoga pahalanya ngalir terus