Selasa, 08 Juni 2010

Motivasi AL Qur’an untuk Selalu Belajar Matematika Walau Tak bisa.

Allah berfirman: “…..Sesungguhnya Aku memperingatkan kepadamu supaya kamu jangan termasuk orang-orang yang tidak berpengetahuan". (Qs. Hud: 46)

Allah menciptakan semua yang ada di Langit dan di Bumi dengan perhitungan-Nya. Di Samping itu ALLAH juga menyuruh manusia untuk menegakkan keseimbangan alam dengan perhitungan salah satunya, karena Allah telah menciptakan segala sesuatu dengan keseimbangan. Dalam Hal sosial pun perhitungan juga sangat diperlukan, salah satunya dalam zakat, dan mawaris.
Berikut Untaian ayat tentang Ukuran dan perhitungan.
Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran.
Qs. 54:49

Allah mengetahui apa yang dikandung oleh setiap perempuan, dan kandungan rahim yang kurang sempurna dan yang bertambah. Dan segala sesuatu pada sisi-Nya ada ukurannya.
qS. 13:8
Dan Kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran.
Qs. 15:19
Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.
QS. 65:3

Dan tidak ada sesuatupun melainkan pada sisi Kami-lah khazanahnya; dan Kami tidak menurunkannya melainkan dengan ukuran yang tertentu.
Qs. 15:21

Sucikanlah nama Tuhanmu Yang Maha Tingi,yang menciptakan, dan menyempurnakan (penciptaan-Nya),dan yang menentukan kadar (masing-masing) dan memberi petunjuk,
Qs. 87: 1-3
janganlah kamu tergesa-gesa memintakan siksa terhadap mereka, karena sesungguhnya Kami hanya menghitung datangnya (hari siksaan) untuk mereka dengan perhitungan yang teliti.
Qs. 19:84
Sesungguhnya Allah telah menentukan jumlah mereka(manusia) dan menghitung mereka dengan hitungan yang teliti.
Qs. 19:94
Maha suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaan (Al Quran) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam,yang kepunyaan-Nya-lah kerajaan langit dan bumi, dan Dia tidak mempunyai anak, dan tidak ada sekutu bagi-Nya dalam kekuasaan(Nya), dan dia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya.
Qs. 25: 1-2

Perintah ALLAH untuk menegakkan keseimbangan:
Matahari dan bulan (beredar) menurut perhitungan.
Dan tumbuh-tumbuhan dan pohon-pohonan kedua-duanya tunduk kepada-Nya
Dan Allah telah meninggikan langit dan Dia meletakkan neraca(Keseimbangan) (keadilan).
Supaya kamu jangan melampaui batas tentang neraca(keseimbangan) itu.
Dan tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu.
Qs. 55: 5-9

Kalau sekiranya Kami turunkan Al-Quran ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan ketakutannya kepada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berfikir.
Qs. 59:21
Dan (juga karena) Allah telah menurunkan Kitab dan hikmah kepadamu, dan telah mengajarkan kepadamu apa yang belum kamu ketahui. Dan adalah karunia Allah sangat besar atasmu.
Qs. 4: 113
"Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan".
Qs. 20:114

Liberta Bintoro Ranggi Wirasakti

1 komentar:

Abu Ismail mengatakan...

Bagus yah saya izin copa buat mengasih Pelajaran Ke home schooling Anak-anak saya