Selasa, 08 Juni 2010

KEseimbangan Semua Unsur Ciptaan ALLAH.


Allah telah menciptakan semua di dunia ini semua dengan seimbang agar tidak terjadi kehancuran, baik dalam alam, maupun sosial bahkan dalam tubuh kita sendiri. BErikut ayat-ayat ALLAH tentang keseimbangan:

Maha Suci Allah Yang di tangan-Nya-lah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu,Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun,Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?
QS. 67:1-3
Yang telah menciptakan kamu lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan (susunan tubuh)mu seimbang,
QS. 82:7
Dan Allah telah meninggikan langit dan Dia meletakkan neraca (keseimbangan/keadilan).Supaya kamu jangan melampaui batas tentang neraca itu.Dan tegakkanlah keseimbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu.
QS. 55:7-9
I)        Hal yang dekat dengan Unsur Keseimbangan adalah Saling Berpasangan-pasangannya sesuatu itu dengan hal lain.
Maha Suci Tuhan yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari apa yang tidak mereka ketahui.
Qs. 36:36
Yang menciptakan semua yang berpasang-pasangan dan menjadikan untukmu kapal dan binatang ternak yang kamu tunggangi.
QS. 43:12
segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.
QS. 51:49
Dialah Tuhan yang membentangkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai padanya. Dan menjadikan padanya semua buah-buahan berpasang-pasangan, Allah menutupkan malam kepada siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.
QS. 13:3
Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon korma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir.
QS. 13:4

II)Dalam menyikapi sifat manusia yang suka menumpahkan darah dan rakus, ALLAH juga telah membuat kadar keseimbangan seperti yang tercantum dalam ayat
Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebahagian umat manusia dengan sebagian yang lain, pasti rusaklah bumi ini. Tetapi Allah mempunyai karunia (yang dicurahkan) atas semesta alam.
Qs. 2:251

III) Dalam Hal Beragama,. ALLAH juga mengamanatkan agar kita menyeimbangkan dalam hal dunia maupun akhirat. Allah berfirman:
Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka)
Qs. 28:77

(Liberta Bintoro Ranggi Wirasakti

0 komentar: