Sabtu, 28 Januari 2012

Hikmah Kehidupan dalam Al Qur'an

 1. Manusia akan selalu dihantui kekhawatiran selama tidak percaya bahwa takdir itu indah. seperti firman Allah: "...masa (kejayaan dan kehancuran) itu Kami pergilirakan diantara manusia supaya mereka mendapat pelajaran)".." Qs. 3: 140  ( ranggi wirasakto: 1002)

2. Al fatihah itu bahasa optimisme kehidupan,. memulai dengan menyebut nama Allah pemilik semesta ini,. di tengah kerja keras atas dasar spirit "hanya Engkau yang Kami Sembah, dan Hanya kepada Engkau kami minta pertolongan",. dan diakhiri doa jalan lurus dan amiin. (ranggi wirasakti: 1209)



3. Padang ilalang itu indah karena ayunan angin,. menjadi melambai lambai sejuk pada pandangan mata. seperti kehidupan,. hidup akan indah, tatkala kita bertahan dari satu cobaan ke cobaan lain, dari masalah satu ke masalah lain. Seperti firman Allah " DAn sungguh akan Kami berikan cobaan kepada kamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan beritakanlah kabar gembira bagi orang yang sabar. " Qs.2: 155  (ranggi wirasakti: 1210)

4. waktu hidup itu seperti ladang,. siapa tak menabur benih, maka hanya akan ditumbuhi rumput. harus dimanfaatkan. Rasulullah bersabda "Ambillah kesempatan lima sebelum lima: "Mudamu sebelum tuamu, sehatmu sebelum sakitmu, kayamu sebelum melaratmu, hidupmu sebelum matimu, dan senggangmu sebelum sibuk( Hr. Al Hakim dan AL baihaqi)  (ranggi wirasakti: 1211)

5. Hujan itu pertanda,. ada yang tak pernah berhenti menurunkan rahmat,. walau sempat ada kering, merubah dunia penuh warna kembali. Seperti firman Allah " Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran; lalu Kami jadikan air itu menetap di bumi" Qs/ 23:18 ".. lalu Kami tumbuhkan dengan air itu kebun kebun yang berpemandangan indah, yang kamu sekali kali tidak mampu menumbuhkan pohon pohonnya?" Qs. 27:60  (ranggi wirasakti: 1212)

6. Sebelum keluar nilai, selalu ada ujian,. seperti ikhlas, yang berniat ikhlas pun akan diuji tentang keikhlasannya, karena Tuhan butuh bukti. seperti firman Allah tentang keimanan " Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: " Kami telah beriman" sedang mereka tidak diuji lagi?" Qs. 29:2 (ranggi wirasakti: 1213)

7.  Orang yang paling menderita adalah orang yang tidak bersyukur,. hidup dalam sesuatu yang tidak pernah tercapai. Seperti firman Allah: "KArena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku. Qs. 2:152  (ranggi wirasakti: 1214)

8. Tuhan itu ada,. berdoalah,. Tuhan itu indah,. maka ingatlah,. " ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram. QS. 13:28   (ranggi wirasakti: 1215)

9.  Hikmah kehidupan adalah seperti buah. Jangan dipetik buah sebelum masak,. yang manispun akan pahit jika terburu dipetik. semua datang pada waktunya. "Dia menetapkan ukuran-ukuran(segala sesuatu) dengan serapi rapinya" Qs. 25:2  (ranggi wirasakti: 1216)

10. Jangan belajar berlari sebelum belajar merangkak. Isyarat dari firman Allah " sesungguhnya kamu melalui tingkat demi tingkat (dalam kehidupan) Qs. 84:19 (ranggi wirasakti: 1217)

 11. Yusuf ketika masih kecil dibuang ke sumur oleh saudarnya,. tetapi ketika menjadi raja,. ia berucap"..pada hari ini tak ada cercaan terhadap kamu, mudah-mudahan Allah mengampuni (kamu), dan Dia adalah MAha penyayang diantara para penyayang". Qs/ 12:92  " tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik. Qs. 41:34     (ranggi wirasakti: 1218)

0 komentar: