Kamis, 26 Agustus 2010

Indonesia yang ku idamkan..

Aku terlahir di Negara Kepulauan, di mana ada lebih dari 1700 pulau yang tertancap di antara lautan Asia tenggara. Aku tak mampu menjelejah kebesaran Indonesiaku satu persatu karena ternyata 1 pulaupun tak pernah aku mampu untuk mengunjunginya satu-satu. Dan itulah Kebesaran Indonesia.
Kebesaran nikmat bagi penduduk berwajah rata-rata sawo matang ini. Namun ternyata, kebesaran itu hanyalah Kebesaran pulau, Kebesaran Sumber Daya Alam, dan kebesaran Luas lautannya.
Tanpa diiringi Kebesaran Jiwa manusia yang tinggal di dalamnya. Setiap ku melihat kebanyakan manusia, setiap itu pula aku melihat kemalasan, dan hedonistis tersirat di wajah mereka. Mereka seakan tak mengetehui kita negara besar tapi tidak besar skala ekonomi dan politiknya di Dunia.
Kita terlalu kerdil untuk dapat dikatakan negara yang Kuat walaupun kita mempunyai 1700 pulau lebih dimana tumbuhan tanpa segan hidup di segala penjuru karena kehendak Tuhan.
Tapi apa??? Tapi apa??
Kita kurang mensyukurinya, kita hanya menyia-nyiakan nikmat itu untuk kita abaikan, tidak untuk di jadikan modal membangun negara ini menjadi negara besar,
Perlu kita renungi bersama, kita hanya ingin dipenuhi haknya tanpa mau menjalankan kewajiban kita. Kita hanya ingin hasrat kita terpenuhi tanpa kita mau mengorbankan sedikit tenaga kita untuk membahagiakan orang lain. Dan kita hanya ingin diri kita dihargai, tanpa ingin kita menghargai eksistensi orang lain.
Apa yang terjadi?? Dengan Indonesia ini??
Itu dasar mengapa kita seakan malas membangun negara. Hanya ingin bekerja ketika tak ada lagi kebahagiaan. Hanya ingin hidup prihatin ketika senang beranjak dari hidup.
Indonesia butuh SEMANGAT!! Semangat rela Berkorban, saling menghormati, Semangat Untuk Membangun, Semangat untuk mensyukuri dengan Semangat untuk menggunakan modal itu untuk kebesaran Negeri.
Dengan Semangat dan keikhlasan, Insyaallah tentu tak ada orang saling iri dan dengki terhadap kesuksesan orang lain,
Dengan semangat dan Saling mengharagai, tentu kita akan menjadi pribadi yang tangguh menggunakan sumber daya manusia.
Dengan semangat dan tak kenal putus asa. Tentu pembangunan ekonomi akan berjalan dengan lancar.
Dengan Semangat untuk berbuat baik, tentu Kejahatan bisa bersih di negeri ini.
Dengan Semangat dan Disiplin tinggi, tentu Ketahanan negeri ini tangguh, tidak disepelekan tenaga kerja kita diluar negeri.
Dengan semangat dan Moralitas tinggi, tentu tak ada Korupsi!!!! Yang mengahancurkan negeri ini.. yang membuat negeri ini terkesan tidak adil.
Aku ingin indonesia negeri semangat! Berani berkata benar, tanpa butuh basa basi.

(Liberta Bintoro Ranggi Wirasakti)

0 komentar: