Jumat, 13 Agustus 2010

Islam adalah Agama yang Mudah

Islam adalah agama yang indah, dan tidak memberatkan. Karena islam adalah agama yang berlandaskan dari AL Qur’an yang diturunkan ALLAH kepada Rasul-Nya, untuk umat di dunia agar tentram dan bahagia di dunia dan akhirat, bukan untuk berat dalam hidup.
Dalam beberapa ayat ALLAH menegaskan Bahwa ALLAH tidak membebani seseorang melainkan sesuai Kesanggupannya. Seperti yang Allah firmankan dalam ayat berikut ini:
“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya.”
(Qs. 2: 286)
bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta taatlah dan nafkahkanlah nafkah yang baik untuk dirimu
(Qs. 64: 16)
ALLAH pun berfirman bahwa Al Qur’an diturunkan agar kita menjadi Susah..
“Thaha, Kami tidak menurunkan Al Qur’an ini kepadamu agar kamu menjadi susah”
(Qs. 20: 1-2)
“Allah menghendaki kemudahan bagimu sekalian dan tidak menghendaki kesukaran bagi kamu sekalian”
(Qs. 2: 185)

Dari ayat 185 Al baqoroh sangat jelas disuratkan bahwa ajaran Islam dalam Al Qur’an bukanlah sesuatu yang menyulitkan.
Dalam hal agama,. Rasulullah S.A.W pun justru melarang kita beribadah dan beragama secara berlebihan, yang terbukti dalam beberapa Hadist Berikut ini

1.Binasalah orang-orang yang keterlaluan dan berlebih-lebihan.. Binasalah orang-orang yang keterlaluan dan berlebih-lebihan.. Binasalah orang-orang yang keterlaluan dan berlebih-lebihan.. (Hr. Muslim)

2.SESUNGGUHNYA AGAMA ITU MUDAH. Dan siapa saja yang mempersulit agama maka ia akan kalah. Oleh karena itu, sedang-sedanglah kamu sekalian, berdekat-dekatanlah dan bersuka hatilah kamu serta pergunakanlah waktu pagi, sore dn sedikit dari waktu malam.
(Hr.bukhari)

Rasulullah S.A.W pun dalam menyampaikan risalah agama tidak terus menerus kepada umatnya. Hal itu ditujukan agar umatnya tidak menjadi bosan dan jenuh terhadap agama Islam. Hal ini diuraikan dalam hadist Bukhari sebagai berikut.
“Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud r.a dia berkata :” Nabi Saw. Tidak terus menerus dalam menyampaikan nasihat(ajaran Islam) kepada kami agar kami tidak merasa bosan.
(Hr. Bukhari 68)
Nabi Muhammad Saw. menekankan kemudahan agar Orang Islam itu tidak lari dari agama Islam. Jauh berbeda dengan saat ini.. banyak dari orang Islam takut pada agamanya Sendiri. Astaghfirullah.
Ini akibat dari perbuatan-perbuatan berlebihan dalam agama, sehingga pada asalnya berniat untuk baik, tapi justru membuat orang lari dari Islam.
Padahal Nabi menekankan kemudahan yang ada pada hadist berikut ini
“Berikan kemudahan, jangan membuat kesulitan, sampaikan kabar gembira, dan jangan membuat orang-orang lari dari ISLAM. ( Hr. Bukhari : 69)
Sungguh Indah Islam,. Dengan kemudahannya.. namun banyak orang yang tak mengerti hakikat Islam karena ketidaktahuannya.
Seperti yang diceritakan dalam hadist:
“Sebagian tanda-tanda akan terjadinya kiamat adalah 1. Hilangnya ilmu dan maraknya kebodohan tentang Islam..”
(Hr. bukhari : 79)


(disusun oleh Liberta bintoro Ranggi Wirasakti)
www.ranggiwirasakti.blogspot.com
ranggi_wirasakti@yahoo.co.id

0 komentar: