Selasa, 11 Mei 2010

Prinsip Kenegaraan dalam Khazanah Islam

Al QUr'an Mengajarkan dan memberi Petunjuk kepada kita bagaimana Seharusnya Semua ELEMEN Bangsa Bertindak,Berprinsip,BErperilaku agar Kualitas sebuah Bangsa Negara dalam KEadaan yang Baik.. terutama keutuhan Sikap Persatuan dan KEsatuannya..
diantaranya adalah

1. Individu tidak Saling Merebut Apa Yang dimiliki orang lain terutama HArta, Sehingga memicu Konflik Horizontal antarmasyarakat.
"janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui."
Qs. 2:188

2. MEnolak PErilaku Buruk Orang Lain dengan cAra yang LEbih Baik..
"Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia."
Qs. 41:34

3. Tidak SAling Berprasangka dan BErspekulasi Secara Berlebihan tentang Keburukan Orang Lain
"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang."
Qs. 49:12

4. Tidak Saling Menjatuhkan Satu Sama Lain Hanya Untuk Kepentingan diri Sendiri/golongan
"Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim."
QS. 49:11

5. Segera Mendamaikan Bila Ada Konflik di Tubuh BAngsa
"Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat"
Qs.49:10

6. Jangan Mudah MEMberontak,. Mengingkari PEMIMPIN BANGsa..
"Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.
Qs. 4:59

7. Saling Bersemangat Untuk Membantu Semua Elemen Bangsa,. Dengan Berlomba-Lomba dlm Kebaikan
"Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan.
Qs.2:110
"berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.
Qs. 2:148

8. TOleransi Umat BEragama,. Dan Tidak Memaksakan Agama
"Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
Qs.2:256

tulisan ini ada dalam buku saya "GARUDA SAKTI" yang dalam proses..
Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,
Qs.2:2


(Liberta Bintoro Ranggi Wirasakti)

0 komentar: